Sidebar Menu

5 Faktor Yang Menyebabkan Harga Emas Relatif Terus Meningkat

Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa harga logam mulia emas murni, berfluktuasi dari waktu ke waktu. Bisa naik dan tak jarang pula turun. Namun, bagi pengamat yang jeli, harganya relatif terus meningkat dalam jangka panjang. Lantas, faktur apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Yuk lihat ulasannya disini:

 

Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa harga logam mulia emas murni, berfluktuasi dari waktu ke waktu. Bisa naik dan tak jarang pula turun. Namun bagi pengamat yang jeli, harganya relatif terus meningkat dalam jangka panjang. Lantas, faktor apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Yuk lihat ulasannya disini:

1. Kenaikan Inflasi

Setiap negara mempunyai prediksi akan tingkat inflasinya, sebelum menentukan sebuah kebijakan ekonomi. Prediksi tersebut merupakan acuan untuk menetapkan tingkat suku bunga, dan lainnya. Tapi jika inflasi melebihi prediksi, kabar baiknya: harga emas melonjak tinggi. Dan disetiap kondisi ekonomi tidak menentu, emas ibarat mata air di gurun sahara yang diburu orang. Istilahnya adalah safe heaven.

 

Dapatkan Jajanan Nikmat, Renyah, Kaya Protein Dan Kalsium, Ikan Pepetek Crispy Disini!

 

Naiknya Permintaan Emas

Salah satu yang menyebabkan naiknya permintaan emas adalah karena kelangkaannya. Naiknya permintaan emas yang tidak diikuti oleh jumlah pasokannya mengakibatkan harga emas otomatis mengalami kenanikan. Beberapa negara seperti India dan Cina merupakan kedua negara yang memilih lebih baik menghabiskan uang mereka untuk berinvestasi emas.

Kondisi Politik Dunia

Disaat terjadi ketidakpastian ekonomi, seperti yang dulu dan sampai sekarang masih terjadi, konflik antara pasukan sekutu Amerika dengan Irak, membawa ketegangan dalam dunia politik memanas. Guna menghindari kerugian, banyak investor yang menarik investasinya dalam bursa saham, forex, dan obligasi. Yang kemudian mereka beralih ke investasi yang lebih aman, yaitu emas. Dari sini permintaan emas mengalami kenaikan.

 

banner mini gold

 

Terjadinya Kepanikan Finansial

Anda tentu masih ingat krisis moneter yang menimpa Indonesia pada tahun 1998 dan tahun 2008 yang mengakibatkan kepanikan finansial. Kepanikan finasial itu membuat masyarakat resah akan sarana investasi mereka, yang seketika dapat anjlok. Namun kepanikan finansial justru membuat emas membumbung tinggi, permintaan emas yang tinggi membuat harga emas jauh di awang-awang.

Harga Minyak Dunia Mendongkrak Emas

Kenaikan harga emas dunia secara otomatis berpengaruh pada kenaikan harga emas. Irak sebagai salah satu produsen minyak terbesar di dunia, dan saat sekutu (AS) menyerang, harga minyak mentah dunia melonjak tinggi. Hal ini pun dibarengi dengan kenaikan harga emas. Bahkan kenaikan harga emas bisa menembus rekor baru.

 

banner logam mulia antam

 

Demikianlah 5 faktor yang menyebabkan harga logam mulia emas murni relatif terus meningkat dalam jangka panjang. Dan catatan penting yang dapat kita ambil dari ulasan ini adalah, adalah langkah yang bijak untuk mengamankan nilai aset Anda saat ini dengan mengkonversikannya ke dalam emas untuk digunakan nanti di masa yang akan datang. Wallahu a'lam.