Skip to main content
Ilustrasi Wanita Arab Berjualan Sayuran Di Pasar. Sumber: pinterest.com

Hakikat Dan Rahasia Rezeki Bagi Orang Yang Beriman Dan Beramal Sholeh

Rekan-rekan sebentar lagi Insya Allah kita akan memasuki Ramadhan, dimana bulan ini adalah bulan-bulan ketaatan dan dari cerita ini kita bisa ambil kesimpulan juga bahwa ketaatan kita kepada Allah itu adalah rezeki itu sendiri, itu adalah karunia terbaik dari Allah.

Ada seorang Syaikh ditanya, “wahai Syaikh apakah yang harus saya lakukan ketika mendekati hari-hari ketaatan?”

"Banyak-banyaklah beristighfar karena dosa bisa membuatmu jauh dari ketaatan."

Iklan Afiliasi



Di waktu lain seorang ulama pernah mengatakan, "saya pernah tidak bisa melaksanakan sholat malam bukan hanya 1 atau 2 hari tapi 6 bulan. Hal itu karena kesalahan yang pernah saya lakukan."

Kesalahan dan dosa bisa menjadi penghalang rezeki. Dengan memperbanyak istighfar, insya Allah dibuka pintu rezeki, termasuk rezeki berupa ketaatan kita kepada Allah.

Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersitighfar dan memohonkan taubat minimal 70 kali sehari, kita bagaimana? Ingat Rasulullah sudah dijamin surga oleh Allah, sedangkan kita?

Dalam cerita lain, cerita ini amat sangat terkenal dan viral belakangan ini. Bagaimana seorang penjual roti yang mengistiqomahkan istigfar dalam setiap aktifitasnya.

Suatu ketika Imam Ahmad bin Hambal yang tinggal di Iraq tiba-tiba tidak tahu kenapa harus melakukan perjalanan ke Syam, disana beliau ingin bermalam di sebuah masjid namun oleh penjaga diusir tidak diperkenankan tidur di dalam masjid.

Jadilah dia keluar kemudian bertemu dengan seorang penjual roti dan oleh penjual roti diajak untuk istirahat di rumahnya.

Iklan Afiliasi


Ketika di rumah sang penjual roti, Imam Ahmad bin Hambal melihat sesuatu yang khusus dari penjual roti. Ia selalu berdzikir, istighfar dalam setiap kesempatan, termasuk saat membuat adonan roti.

Penasaran, Imam Ahmad pun bertanya, “Wahai saudaraku saya lihat engkau selalu beristigfar dalam setiap kesempatan, apa saja yang telah engkau dapatkan dari amalmu selama ini?”

Penjual roti menjawab, “Dengan istiqomah menjaga amal ini Allah telah mengabulkan semua hajatku. Hanya ada satu saja hajat saya yang belum terkabul.

Imam Ahmad, “Apa itu wahai Saudaraku?”

Penjual roti, "Saya ingin bertemu dengan imam Ahmad.”

Kaget imam Ahmad mendengar perkataan penjual roti tadi. Jadi dia berjalan dari Iraq ke Syam, diusir dari masjid tanpa alasan yang jelas sebenernya karena hajat penjual roti ini. Allah mengabulkan hajat penjual roti yang ingin bertemu dengan Imam Ahmad. Masya Allah.

Imam Ahmad kemudian menjelaskan kepada si penjual roti bahwa dialah Imam Ahmad.

Rekan-rekan semua dari sini kita juga bisa ambil pelajaran bahwa mengistilahkan istighfar akan membuat hajat-hajat mudah dikabulkan oleh Allah.

Iklan Afiliasi


Ada satu catatan tambahan, sang penjual roti tetap membuat roti, tetap berjualan, tetap berikhtiar sambil terus-menerus bersitighfar. Artinya ini juga kita bisa lakukan, kita menjaga diri kita dengan terus berzikir dalam aktivitas kita berdagang Insya Allah kita akan tergolong orang-orang yang beruntung.

Allah swt. berfirman:

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (TQS. Al Jumu’ah: 10)."

Setelah Ibadah maka waktunya kita bertebaran di muka bumi untuk mencari karunia Allah dan ingatlah Allah, berzikir agar kita beruntung.

Yuuk kita istiqomahkan dan kita lazimkan zikir, istighfar, sholawat, sambil juga berikhtiar maksimal. Sebagaimana janji Allah tersebut, semoga kita tergolong orang-orang yang bertuntung di dunia dan akhirat…Aamiin

Wallahu a'lam.

Dikutip dari tulisan Dinto Fitria.

 


RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan sewa domain serta hosting. Jazakallah khoir.


 

 

  • Hits: 325