Skip to main content
Ilustrasi Pebisnis Membaca Buku. Sumber: markets.businessinsider.com

5 Rekomendasi Buku Terbaik Untuk Motivasi Mengembangkan Bisnis

Bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis, atau ingin menjadi seorang pebisnis, ada banyak cara untuk mendapatkan ilmunya. Salah satunya dengan membaca beberapa rekomendasi buku bisnis.

Buku-buku ini bukan hanya memberikan ilmu terbaik untuk menjadi pebisnis saja, namun juga ada pula motivasi untuk membuat Anda berpikir besar dan tetap konsisten agar bisnis yang Anda jalani dapat berhasil.

Nah, berikut ini rekomendasi 5 buku bisnis terbaik yang bisa Anda baca, terutama bagi Anda yang merupakan pebisnis muda.

DAFTAR ISI

Iklan Afiliasi

Zero To One: Membangun Startup Membangun Masa Depan

zero to one membangun startup membangun masa depan

Buku Zero To One: Membangun Startup Membangun Masa Depan menjadi rekomendasi buku bisnis terbaik yang pertama yang bisa Anda baca. Buku Zero To One: Membangun Startup Membangun Masa Depan ini merupakan karangan Peter Thiel, yang rilis perdana pada tahun 2014

Peter Thiel sendiri adalah pendiri Paypal, salah satu investor pertama Facebook, seorang chess master U-21, seorang doktor di bidang hukum pada umur 25, dan pernah menjual sebuah perusahaan sebesar 1,5 Milyar Dollar Amerika pada umur 35 tahun.

Dalam buku ini Peter Thiel mengajari kita bagaimana membuat sebuah bisnis di bidang startup. Apa yang perlu kita lakukan untuk membangun startup yang sukses di masa depan seperti apa yang pernah dilakukannya pada Paypal.

The 4-Hour Workweek

the 4 hour workweek

Rekomendasi buku bisnis terbaik yang kedua ada buku berjudul The 4-Hour Workweek karya Timothy Ferriss, yang rilis pada tahun 2007. Timothy Ferriss sendiri adalah seorang penulis Amerika, aktivis pendidikan, dan pengusaha.

Ferriss mengembangkan ide-ide yang ada di buku The 4-Hour Workweek (4HWW) saat bekerja 14 jam sehari di perusahaan suplemen nutrisi olahraganya, BrainQUICKEN. Frustrasi oleh terlalu banyak pekerjaan dan kurangnya waktu luang, Ferriss mengambil cuti 3 minggu ke Eropa. Dan melanjutkan perjalanan ke seluruh Eropa, Asia, serta Amerika Selatan.

Format The 4-Hour Workweek terbentuk selama serangkaian kuliah yang disampaikan Ferriss tentang kewirausahaan teknologi tinggi di Universitas Princeton. Sehingga, dalam buku The 4-Hour Workweek itu menggambarkan pengalaman Ferriss sendiri dalam otomatisasi perusahaan dan pengembangan gaya hidup.

Iklan Afiliasi

Think and Grow Rich

think and grow rich

Rekomendasi buku bisnis terbaik yang berikutnya ada buku karangan Napoleon Hill tahun 1937 berjudul Think and Grow Rich. Bisa dibilang mustahil menemukan motivator yang sama sekali tidak terpengaruh oleh karya Napoleon Hill ini.

Buku Think and Grow Rich akan mencantumkan contoh-contoh nyata. Bahkan, di rilisan terbaru buku ini dilengkapi contoh-contoh serta contoh kasus-kasus modern yang bisa dengan jelas mendemonstrasikan bahwa, semua prinsip Hill tetap bisa diaplikasikan untuk membimbing orang menuju kesuksesan.

The Magic of Thinking Big

the magic of thinking big

Buku The Magic of Thinking Big juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi buku bisnis lainnya. Buku karya David J. Schwartz ini rilis pada tahun 1959 dan versi singkat pada tahun 1987. Melalui buku ini, David J. Schwartz mencoba mengulas kehebatan bahkan keajaiban seseorang yang berpikir besar.

Dalam melandasi pemahaman tentang pentingnya berpikir besar, David J. Schwartz menekankan satu hal, yakni keyakinan. Keyakinan menjadi awal semangat yang dapat memberi energi bagi seseorang untuk terus berusaha mewujudkan ide-ide besar mereka impikan.

Sebaliknya, ketidakyakinan untuk sebuah konsekuensi serta konsistensi, dengan ketidakmampuan dapat membuat kegagalan akan mengikutinya. Dan ini menjadi sebuah buku motivasi yang baik untuk Anda pebisnis muda.

Iklan Afiliasi

Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable

purple cow transform your business by being remarkable

Rekomendasi buku bisnis terbaik yang terakhir ada buku berjudul Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable, karya Seth Godin tahun 2002. Buku ini memaparkan keyakinan pribadi Godin bahwa iklan kreatif kurang efektif pada zaman modern karena berantakan dan banyak orang yang menjauhi iklan.

Buku ini meminta agar perusahaan-perusahaan menghasilkan produk hebat dan menargetkan orang-orang yang berkemungkinan besar memasarkan produk tersebut lewat mulut. Buku ini berisikan konsep-konsep umum yang disertai contoh. Argumen buku dimulai dengan anggapan awal bahwa, iklan justru semakin kurang efektif ketimbang sebelumnya.

Dan satu-satunya cara mendapatkan perhatian pasar saat ini adalah tidak hanya memasarkan produk dengan cara yang luar biasa, tetapi menghasilkan produk yang luar biasa untuk dipasarkan. Buku ini berakhir dengan Ten Point Checklist yang menjabarkan cara menciptakan produk yang hebat.

Itulah beberapa rekomendasi buku bisnis terbaik yang bisa Anda baca. Buku-buku ini bukan hanya menambah ilmu dalam berbisnis yang baik saja, namun juga sebuah motivasi luar biasa untuk sukses.



Dikutip dan diedit dari artikel berjudul, "5 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik, Cocok Dibaca untuk Owner Muda", oleh Dhia Amira.

 


RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan sewa domain serta hosting. Jazakallah khoir.


 

 

 

Tips Bisnis, Memulai Bisnis, Rekomendasi Buku