Skip to main content
Ilustrasi Sales Marketing

7 Pendekatan Pemasaran Inovatif Untuk Meningkatkan Penjualan Di 2024

Tahun 2024 menjanjikan hal yang baik bagi para pemasar yang bersedia merangkul teknologi tanpa mengorbankan komunitas. Seiring kita hampir seperempat abad berada di abad ke-21, pemasaran siap untuk mengalami perubahan lagi.

Untuk mendapatkan manfaat dari perubahan yang akan datang, pemilik perusahaan dan tim merek mereka harus merangkul inovasi dalam pemasaran mereka pada tahun 2024.

Dalam kurun waktu kurang dari dua dekade, pemasaran sebagaimana yang kita kenal hampir berubah melebihi pengenalan. Pada awal abad ini, pemilik bisnis dan pemasar memiliki pilihan saluran yang terbatas untuk mencapai calon pelanggan.

Sayangnya, bagi bisnis kecil, beberapa saluran tersebut terlalu mahal untuk digunakan.

DAFTAR ISI

Kondisi Pemasaran Pada Tahun 2024

Iklan Afiliasi

Dalam dua dekade terakhir, pemasaran digital telah mengubah cara perusahaan menemukan pelanggan.

Ketik 'kondisi pemasaran 2024' ke mesin pencari manapun, dan hasilnya kemungkinan besar akan mencakup beberapa elemen kunci berikut: personalisasi, penggunaan teknologi yang sedang berkembang seperti kecerdasan buatan (AI), menciptakan komunitas, dan tingkat ketidakpastian.

Saat tantangan ekonomi dan perang terus menimbulkan kekacauan di seluruh dunia, proyeksi kinerja bisnis tetap tidak stabil. Namun, beberapa tren telah perlahan muncul dalam pemasaran dan diharapkan menjadi elemen kunci dari strategi pemasaran yang berhasil pada tahun 2024.

Mungkin tidak mengherankan, beberapa dari mereka berputar di sekitar penggunaan teknologi. Sementara itu, ada kecenderungan yang jelas menuju hubungan manusiawi. Pemasar dapat memanfaatkan keduanya untuk keuntungan merek mereka.

Strategi Pemasaran Yang Dipersonalisasi

Sudahlah masa-masa ketika seluruh keluarga berkumpul di depan radio dan TV untuk menonton suatu program serta konten iklan yang disampaikan selama jeda. Selama beberapa tahun terakhir, pemasar telah menekankan penargetan pada audiens spesifik daripada menggunakan pendekatan yang luas.

Para ahli memprediksi bahwa merek-merek terkemuka akan melangkah lebih jauh pada tahun 2024 dan memperkenalkan personalisasi sejati, berdasarkan informasi yang diterima konsumen sesaat. Bayangkan perubahan cuaca, misalnya.

Begitu hujan mulai turun, Anda akan melihat iklan untuk perlengkapan hujan, payung, dan artikel yang membahas pola cuaca. Tujuannya adalah membuat konten lebih relevan daripada sebelumnya.

Konten Dan Pengalaman Interaktif

Komunikasi pemasaran interaktif juga semakin berkembang. Untuk memanfaatkannya, pemasar dapat menggunakan elemen seperti jajak pendapat dan kuis untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan audiens target mereka.

Tujuannya adalah mengubah hubungan pasif antara merek dan konsumen menjadi komunikasi yang aktif dan berkesan.

Gambar produk dan video dasar mungkin tidak lagi cukup untuk membuat produk menonjol. Sebaliknya, merek-merek terkemuka akan menggunakan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) untuk memungkinkan pelanggan mereka mengalami produk dan inovasi baru.

Penggunaan Sosial Media Yang Inovatif

Iklan Afiliasi

Pemasaran dan periklanan media sosial telah menjadi elemen inti dari strategi pemasaran bisnis dengan segala ukuran. Platform media sosial menawarkan akses terarah kepada audiens, aktivitas dapat disesuaikan dengan sebagian besar anggaran pemasaran, dan platform ini cocok untuk membangun komunitas.

Dalam beberapa tahun terakhir, konten yang bersifat sementara dan kemudian menghilang telah menjadi semakin penting. Saat daya tahan perhatian konsumen semakin pendek, konten seperti cerita Facebook atau Instagram menjadi lebih mudah dicerna dibandingkan dengan konten yang lebih panjang.

Selain konten yang menghilang ini, video langsung, penawaran perdagangan sosial, dan narasi interaktif yang memungkinkan audiens memutuskan hasil dari suatu cerita akan terus berkembang.

Mengadopsi Teknologi Baru

Sebagian besar perkembangan kunci dalam pemasaran pada tahun 2024 akan didorong atau didukung oleh teknologi yang sedang berkembang.

Kecerdasan buatan (AI) sudah memberikan pengaruhnya pada pemasaran abad ke-21, dengan hampir dua pertiga pemasar mengatakan kepada Hubspot bahwa mereka menggunakan AI untuk riset pasar, pembuatan konten, dan meningkatkan pengalaman pengguna merek mereka.

Chatbot telah menjadi umum di banyak situs web merek, meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan pelanggan mengakses dukungan 24/7. Dengan gabungan AI, chatbot semakin menjadi lebih canggih. Pencarian suara dan teknologi lain yang didorong oleh suara adalah elemen lain dari strategi pemasaran terkemuka pada tahun 2024.

Membangun Komunitas dan Konten yang Dihasilkan Pengguna

Peningkatan terus-menerus dalam teknologi telah mengarah pada sesuatu yang bisa dianggap sebagai kontra-tren – tuntutan untuk menciptakan komunitas di antara audiens. Contoh awal dari komunitas ini termasuk fitur obrolan komunitas Facebook di grup atau saluran siaran Instagram.

Iklan Afiliasi

Keduanya memberikan merek dan kreator opsi lain untuk membuka percakapan dengan banyak pengguna.

Selain itu, komunikasi merek tidak lagi berjalan satu arah dari perusahaan ke konsumen. Beberapa video TikTok yang paling populer menunjukkan konsumen menggunakan produk dan berbagi pengalaman mereka secara otentik dan sangat mudah dipahami.

Keberlanjutan dan Pemasaran Berorientasi Tujuan

Konsumen saat ini mengharapkan lebih dari sekadar keuntungan dari merek favorit mereka. Semakin banyak, konsumen yang cerdas memilih bisnis dengan tujuan yang lebih besar, seperti komitmen lingkungan atau sosial. Dua elemen kunci dari pemasaran berorientasi tujuan adalah mencari solusi berkelanjutan dan memberikan kembali kepada masyarakat setempat.

Menyoroti karya perusahaan di bidang itu akan menarik bagi konsumen yang sadar, tetapi merek harus menunjukkan komitmen yang nyata. Komitmen dan aktivitas yang bersifat sekilas mungkin menarik perhatian konsumen dalam jangka pendek, tetapi kemungkinan besar tidak memberikan manfaat jangka panjang.

Integrasi Antar Saluran Pemasaran

Pendekatan pemasaran yang serasi dan terintegrasi selalu dianggap sebagai praktik terbaik. Meskipun merek dapat menggunakan saluran yang berbeda untuk mencapai audiens yang berbeda, pesan pemasaran harus selaras di seluruh titik sentuh tersebut.

Sebagian besar anggota audiens akan melihat konten merek di tempat-tempat yang berbeda. Pesan yang tidak konsisten akan membingungkan dan dapat mendorong calon pelanggan menjauh.

Tahun 2024 menjanjikan hal yang baik bagi para pemasar yang bersedia merangkul teknologi tanpa meninggalkan kebutuhan akan komunitas. Meskipun tidak tanpa tantangan, tahun ini memiliki potensi untuk mengubah cara pemasar menggunakan teknologi yang sedang berkembang seperti AI untuk menciptakan koneksi terkuat antara merek dan konsumen.

 

Sumber: Jessica Wong.

 

RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

Marketing Digital, Seputar Pemasaran