Standar Aspek Pemasaran Syariah : Manajemen Hubungan Pelanggan (1/2)
Akhlak Islam dalam pemasaran produk adalah syariat Islam terkait dengan Costumer Relationship Management (CRM), dan yang utama dalam bidang CRM ini adalah service excellence (pelayanan paripurna).
-
Sewa Domain, Hosting, dan VPS untuk Proyek Digital Anda!
-
Sewa Domain, Hosting, Hingga VPS untuk Proyek Digital Anda!
-
Tingkatkan SEO Website Dengan Ribuan Weblink Bebagai Topik!
-
Mau Hemat Biaya Transfer Antar Bank dan Isi Saldo e-Wallet?
Tidak sedikit orang yang tidak peduli dengan harga suatu barang ketika mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh seorang pedagang/pengusaha. Kualitas pelayanan paripurna akan memberikan kepuasan pelanggan yang paripurna juga.
DAFTAR ISI
Konsep Manajemen Hubungan Pelanggan Modern
Dalam ilmu pemasaran modern, berdasarkan hasil studi dan penelitian terhadap pola-pola penjualan diperoleh bahwa kualitas pelayanan paripurna memiliki standar-standar yang harus dipenuhi, sebagaimana digambarkan pada gambar berikut:
Reliability
-
Jasa Pembuatan Aplikasi Smartphone (Gawai) Android OS
-
Jasa Backlink DoFollow Berkualitas Dari Berbagai Topik
-
Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Sistem Manajemen Sekolah
-
Jasa Pembuatan Software Desktop PC dan Laptop Microsoft Windows
Adalah kemampuan memberikan layanan sesuai dengan apa yang telah dijanjikan secara akurat (delivery what you have promised). Sikap realibilty (kemampuan merealisasikan) ini akan menciptakan credibility (kredibilitas).
Hal ini menjadi fokus perhatian dalam ilmu marketing modern dalam hubungannya menciptakan loyalitas konsumen.
Responsiveness.
Adalah kemauan menolong para pelanggan dan menyediakan suatu layanan dengan segera/tepat waktu. Sikap ini akan melahirkan sikap proaktif dalam pelayanan dan bukan sikap pasif.
Assurance.
-
Haji dan Umroh Dengan Travel Amanah Sesuai Sunnah Nabi SAW!
-
Temukan Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan Online Anda!
-
Cara Nulis Iklan Yang Klik Dengan Berbagai Target Pasar Bisnis Anda
-
Mau Anak Usia Dini Anda Bisa Lancar Membaca Dan Menulis Al-Qur’an?
Pengetahuan (knowledge) dan kemampuan untuk menimbulkan rasa percaya (trust) dan yakin (confidence). Sikap ini akan melahirkan trust (kepercayaan) bagi konsumen yang pada akhirnya menciptakan jaminan rasa aman dalam bertransaksi (assurance).
Empathy.
Tingkat kepedulian (caring) serta perhatian secara individual yang diberikan oleh perusahaan kepada para pelanggannya. Sikap ini akan menciptakan kedekatan (intimacy) perusahaan terhadap konsumen.
Tangiable.
Penampilan fisik dari fasilitas, peralatan, cara komunikasi, dan personil (penampilan orang-orang). Hal ini akan meningkatkan kesempatan untuk mendekati konsumen (Accessibility).
Wallahu a'lam bish showaab.
Bahan Rujukan
Sumber: eBook Standar Syariah Pada Aspek Pemasaran Bag 4 karya Ustadz Fauzan Al Banjari.
RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website. Terima kasih.
Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.
#KonversiBisnisSyariah, #ArtikelUstadzFauzanAl-Banjari, Standarisasi Syariah, Manajemen Hubungan Pelanggan