Strategi Pemasaran Bisnis Syariah: Pahami Aspek Pasar dan Pesaing
Sahabat ruang muamalah rahimakumullah, dalam terminologi perancangan bisnis, pemahaman tentang aspek dan pemasaran adalah bagaimana memperoleh informasi sebaik mungkin tentang calon konsumen sehingga perusahaan dapat merancang strategi pemasarannya.
DAFTAR ISI
Disebut aspek pasar adalah untuk memisahkannya sebagai obyek dari rencana penjualan. Sedangkan pemasaran sendiri digunakan untuk menyebutkan strategi penjualan yang dibuat oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumennya.
Kami tidak akan membahas tentang aspek pasar dan pemasaran terlalu teoritis, namun langsung menggunakan pendekatan perancangan, yaitu merancang strategi pemasaran.
Aspek Pasar
-
Sewa Domain, Hosting, dan VPS untuk Proyek Digital Anda!
-
Sewa Domain, Hosting, Hingga VPS untuk Proyek Digital Anda!
-
Tingkatkan SEO Website Dengan Ribuan Weblink Bebagai Topik!
-
Mau Hemat Biaya Transfer Antar Bank dan Isi Saldo e-Wallet?
Aspek pasar terdiri dari apa-apa saja yang dapat memberikan gambaran yang jelas bagi pelaku usaha sehingga ia dapat memahami kondisi pasar yang akan dimasukinya. Tiga hal terpenting untuk dideskripsikan oleh para pengusaha tentang pasar, yaitu:
- calon pelanggan baik jumlah maupun karakteristiknya,
- calon pesaing baik jumlah maupun kondisinya, dan
- kondisi lingkungan bisnis dari usaha yang akan dijalankan seperti kondisi politik, perundang-undangan, dan sosial budaya masyarakat.
Calon Pelanggan
Calon Pelanggan adalah target market perusahaan. Untuk memperoleh informasi tentang target market ini seorang pebisnis harus melakukan ‘penelitian’ atau mencari informasi yang tepat. Calon pelanggan tentu saja manusia.
Meskipun kita jualan makanan ternak, yang kita jualin tetap saja peternaknya dan bukan ternaknya kan? Manusia mana yang layak menjadi target pasar kita dan bagaimana karakteristiknya itulah yang menjadi tugas pengusaha untuk mendsikripsikannya.
Untuk memperoleh target pasar maka kerumunan manusia (populasi penduduk) harus di ekstraksi.
Luas pasar bagi perusahaan disebut populasi pasar (market population). Market population atau pasar potensial merupakan bagian dari populasi penduduk. Dari pasar potensial (segmen pasar) ini perusahaan harus menetapkan available market perusahaan.
Available market adalah pasar yang memungkinkan dan sesuai dengan produk dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Dari available market inilah perusahaan menetapkan besarnya target pasar (target market) yang diinginkan.
Secara skematis dapat digambarkan proses penentuan besarnya target pasar sebagai berikut: Populasi penduduk ⇒ Pasar Potensial (Segmen Pasar) ⇒ Available Market ⇒ Target Market.
Sedangkan terkait metode pemilahan populasi penduduk sampai menjadi target market silahkan merujuk ke buku-buku pemasaran yang banyak membahasnya.
Kondisi Persaingan Pasar
-
Jasa Pembuatan Aplikasi Smartphone (Gawai) Android OS
-
Jasa Backlink DoFollow Berkualitas Dari Berbagai Topik
-
Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Sistem Manajemen Sekolah
-
Jasa Pembuatan Software Desktop PC dan Laptop Microsoft Windows
Pada target market yang dipilih, pastilah ada banyak pemain usaha disana. Telah banyak usaha yang sejenis (pesaing langsung) atau usaha yang terkategori substitusi produk (pesaing tidak langsung) yang telah ada di sana.
Memahami persaingan usaha ini penting dilakukan agar kita dapat mengukur kekuatan dan kelemahan kita. Dengan melihat keberadaan pesaing yang ada dan cara-cara bersaing mereka, akan memudahkan perusahaan membuat strategi bersaing terhadap produk yang sudah ada.
Hanya saja memang untuk memperoleh data yang lengkap dan akurat terkait dengan kondisi perusahaan pesaing bukanlah perkara yang mudah. Islam melarang kita untuk melakukan pencurian data dan memata-matai kaum muslim yang lain.
Untuk itu tips untuk pencarian data semacam ini dapat dilakukan dengan melihat data-data yang dipublikasikan resmi melalui internet, majalah-majalah bisnis, maupun media massa lainnya.
Kondisi persaingan untuk usaha ini dapat dibagi menjadi dua.
Pertama pesaing langsung, yaitu produk-produk yang memiliki kemiripan atau kesamaan fungsi di mata konsumen.
Kedua pesaing tidak langsung, yaitu produk-produk yang dapat dijadikan oleh konsumen sebagai pengganti atau substitusi dari produk yang kita tawarkan.
Hal-hal yang perlu untuk dipertimbangkan sebagai pembanding dan gambaran persaingan pasar dari pesaing-pesaing langsung tersebut untuk usaha kita adalah posisi (positioning) dan market share mereka.
Kedua hal ini dapat kita ketahui dari data tentang brand awareness dan daya serap produk mereka oleh konsumen.
Aspek Pemasaran
Aspek Pemasaran adalah aspek yang membahas tentang strategi penjualan produk.
-
Haji dan Umroh Dengan Travel Amanah Sesuai Sunnah Nabi SAW!
-
Cara Nulis Iklan Yang Klik Dengan Berbagai Target Pasar Bisnis Anda
-
Mau Anak Usia Dini Anda Bisa Lancar Membaca Dan Menulis Al-Qur’an?
-
50+ Teknik Copywriting Yang Bikin Gendut Saldo Rekening Bank
Strategi penjualan produk terdiri dari perangkat keras sistem penjualan (hard systems sale) dan perangkat lunak sistem penjualan (soft systems sale). Hal-hal yang terkategori hard system sale adalah pemilihan distribusi penjualan, harga jual produk, dan metode promosinya.
Sedangkan yang terkategori soft system sale adalah pilihan cara penjualan (ex: tunai, kredit) dan Customer Relation Management (CRM). Hard system sale dan soft system sale tidak berjalan sendiri-sendiri tapi merupakan gabungan yang bersinergi.
Hasilnya akan nampak pada kekuatan menjual perusahaan yang tergambar dari positioning dan juga citra (brand image) perusahaan.
Mungkin sebagian sahabat sudah memahami tentang bauran strategi pemasaran (marketing mix). Yang terkenal dari marketing mix dan tetap digunakan sampai saat ini adalah 4 P (Product, Price, Promotion dan Place).
Bisa dikatakan bahwa marketing mix 4 P adalah bagian dari hard systems sale. Kami tidak akan menjelaskan lebih dalam terkait aspek-aspek strategi penjualan tersebut.
Cukup bagi kita sebagai pengusaha bisnis syariah mengetahui scara umum apa-apa saja yang akan kita jadikan fokus perhatian tentang aspek-aspek pemasaran ini. Agar kita bisa menentukan titik kritis yang mungkin akan bertentangan dengan syariah.
Dengan mengetahui aspek-aspek pasar dan pemasaran di atas maka standar-standar syariah dapat kita terapkan untuk menyusun strategi dalam aspek pasar dan pemasaran sesuai syariah Islam. Insyaa Allah satu persatu akan kita bahas pada materi-materi selanjutnya.
Sumber: eBook Memahami Aspek Pasar dan Pemasaran karya Ustadz Fauzan Al Banjari.
RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website. Terima kasih.
Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.
#KonversiBisnisSyariah, #ArtikelUstadzFauzanAl-Banjari, Standarisasi Syariah