Skip to main content
Ilustrasi Bulan Suci Ramadhan. Sumber: utaratimes.pikiran-rakyat.com

Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Wahai Bulan Pemurni Jiwa Dari Dosa

Kata-kata Umar bin Khattab ra. ketika menyambut bulan suci Ramadhan:

"Saatnya merayakan apa yang memang patut dirayakan. Bagi orang beriman, menyambut Ramadhan itu seperti menemukan harta berharganya yang sudah hilang sejak waktu lama."

Iklan Afiliasi

Kebahagiaannya tergambar dengan kegembiraannya menyiapkan diri dengan ayat, hadits, dan nasihat-nasihat Ulama.

Hanya orang yang benar-benar paham, yang tahu kedudukan Ramadhan yang agung itu paling layak diisi setiap detiknya dengan tilawah dan tadabbur Al Qur'an.

Maka kita akan takjub barangkali, dengan cara Ulama pendahulu kita ketika Ramadhan datang menyapa.

Imam Malik yang legendaris namanya sebagai guru besar Kota Madinah, beliau tak pernah lepas mengkaji ilmu bersama murid-muridnya di tengah Masjid Nabawi. Namun ketika Ramadhan datang, semua majelis ilmu itu beliau liburkan demi bisa sepenuhnya berinteraksi dengan Al Qur'an.

Iklan Afiliasi


Imam Sufyan Ats Tsauri, menyiapkan waktu terbaiknya untuk mendalami Al Qur'an, membacanya, dan berlama-lama dengannya.

Begitupula Imam Al Bukhari, beliau bisa khatam Al Qur'an setiap siang. Said bin Jubair mengkhatamkan Al Qur'an 2 malam sekali. Imam Asy Syafi'i khatam 60 kali selama Ramadhan.

"Bukannya mengkhatamkan Al Qur'an kurang dari 3 hari tidak dibolehkan?"

Ibnu Rajab akan menjawab, "Adapun ketika waktu-waktu utama seperti Ramadhan dan tempat-tempat utama seperti Makkah, maka disunnahkan memperbanyak tilawah sebagai bentuk memanfaatkan peluang keberkahan waktu dan tempat tersebut." (Kitab Latha'iful Ma'arif)

Ambil momentum kita, karena Ramadhan begitu mahal. Tidak ada yang menjamin ia akan kita dapatkan lagi tahun depan.

Iklan Afiliasi


"Jika kamu susah shalat di malam hari, dan tak bisa berpuasa di siang hari selama Ramadhan, ketahuilah kamu telah diharamkan dari kebaikan! Artinya kamu telah penuh dengan dosa-dosa", tegas Hasan Al Bashri.



‏إذا دعوت الله أن يبلغك ‎رمضان فلا تنس أن تدعوه أن يبارك لك فيه، فليس الشأن في بلوغه، وإنما الشأن في ماذا ستعمل فيه.

Jika kita berdoa pada Allah agar disampaikan ke Bulan Ramadhan, maka jangan lupa juga untuk berdoa agar Allah memberkahi kita di bulan itu. Karena yang kau cari bukan hanya sekadar sampai, melainkan apa yang kamu lakukan ketika bulan itu tiba. (Ibnu Sa'di ra.)

Dikutip dari artikel berjudul, "Marhaban, Wahai Pemurni Jiwa dari Dosa", oleh @edgarhamas, 2 April 2022.

 


RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan sewa domain serta hosting. Jazakallah khoir.


 

 

#BulanRamadhan, #AlQuran