Skip to main content
Ilustrasi Bulan Suci Ramadhan

Mentransformasi Diri Di Bulan Suci Ramadhan (Tulisan Ke-7B)

Berikut kami sajikan secara maraton seri artikel berjudul Ramadhan Transformatif oleh Dosen Filsafat Islam, Dr. Ahmad Sastra, M.M. di tintasiyasi.com (Bagian Ke-7B)

DAFTAR ISI

Transformasi Perubahan Zonasi Di Bulan Suci Ramadhan (Lanjutan)

Pemahaman perubahan zonasi didasarkan oleh paradigma bahwa lingkungan dapat berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Hal ini dikarenakan lingkungan tempat seseorang tinggal, belajar, dan bekerja dapat membentuk nilai, sikap, dan perilaku seseorang.

Berikut adalah beberapa pengaruh lingkungan terhadap perilaku.

Pertama, norma sosial.

Lingkungan dapat mempengaruhi perilaku seseorang melalui norma sosial yang berlaku di masyarakat. Norma sosial dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam berbagai aspek, seperti cara berpakaian, cara berbicara, dan cara bersikap.

Kedua, budaya atau tradisi.

Lingkungan dapat mempengaruhi perilaku seseorang melalui budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam berbagai aspek, seperti cara makan, cara beribadah, dan cara berinteraksi dengan orang lain.

Ketiga, keluarga.

Lingkungan keluarga dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam hal nilai-nilai dan norma-norma yang ditanamkan oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Iklan Afiliasi

Keempat, lembaga pendidikan.

Lingkungan lembaga pendidikan dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam hal pendidikan dan pembentukan karakter. Pendidikan dan pengajaran di sekolah dapat membentuk nilai, sikap, dan perilaku seseorang.

Kelima, media massa.

Lingkungan media massa dapat mempengaruhi perilaku seseorang melalui informasi yang disampaikan, seperti iklan, berita, film, dan lain sebagainya. Perubahan informasi adalah perubahan konsumsi media massa.

Dalam Islam, lingkungan juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga lingkungan yang baik dan bersih, karena lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi perilaku seseorang menjadi negatif.

Selain itu, Islam juga mengajarkan pentingnya memilih lingkungan yang baik, karena lingkungan yang baik dapat membantu seseorang dalam menjaga iman dan akhlak yang baik.

Nah, mari kita renungkan kembali zonasi dimana kita hidup dan bergaul. Ramadhan ini kita lakukan perubahan zonasi yang lebih membawa kita kepada pribadi yang positif, produktif dan konstributif.

Jangan sampai kita justru terjerumus dalam zonasi buruk dan destruktif.

Transformasi Perubahan Informasi Di Bulan Suci Ramadhan

Perubahan ketiga adalah perubahan informasi yang sempat disinggung sekilas di bab zonasi.

Perubahan informasi maksudnya adalah bahwa sebaiknya kita hanya mengakses informasi yang bergizi dalam kehidupan yang begitu melimpah sumber-sumber informasi.

Apa yang masuk ke dalam otak kita, tentu saja akan sangat mempengaruhi pola pikir dan pola sikap kita. Apa yang ada di otak kita tentu saja kita dapatkan dari berbagai sumber informasi.

Nah, mestinya Ramadhan ini kita berubah dari akses informasi negatif ke akses informasi positif.

Iklan Afiliasi



Informasi positif dalam arti dari sember positif dan kontens infomasinya positif sangat penting bagi tumbuh kembang kita karena informasi dapat membentuk pola pikir dan perilaku seseorang, khususnya muslim.

Informasi yang positif dapat memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan mental, emosi, dan sosial seseorang, serta dapat memotivasi dan membangkitkan semangat untuk mencapai tujuan.

Pentingnya Informasi Positif Bagi Tumbuh Kembang Kita

Berikut adalah beberapa alasan mengapa informasi positif penting bagi tumbuh kembang manusia.

Pertama, meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Informasi positif dapat memberikan dukungan dan motivasi pada seseorang, sehingga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Informasi positif juga dapat membantu seseorang dalam mengatasi stres, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Kedua, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

Informasi positif dapat membantu seseorang dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, sehingga dapat meningkatkan potensi dan kemampuan seseorang dalam mencapai tujuan. Bagi seorang muslim, informasi positif bisa menjadi bekal pembinaan dan dakwah kepada masyarakat.

Ketiga, meningkatkan hubungan sosial.

Informasi positif dapat membantu seseorang dalam meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain. Informasi positif juga dapat membantu seseorang dalam membangun koneksi dan memperluas jaringan sosial.

Intinya bahwa informasi positif dalam menjadi wasilah bagi jalinan silaturahmi antar sesama muslim.

Keempat, memotivasi.

Informasi positif dapat memberikan motivasi dan inspirasi pada seseorang untuk mencapai tujuan. Informasi positif juga dapat membantu seseorang dalam melihat sisi positif dari suatu masalah atau situasi.

Karena itu penting juga seorang muslim memahami seluk beluk media massa sebagai sumber informasi dan alat komunikasi.

Peran Media Massa Dalam Transformasi Informasi

Iklan Afiliasi

Media massa adalah sarana komunikasi massa yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam jumlah besar melalui media cetak (koran, majalah), media elektronik (radio, televisi), dan media digital (website, media sosial).

Media massa merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan modern karena memberikan akses kepada masyarakat dalam hal informasi, hiburan, dan edukasi.

Berikut adalah beberapa contoh peran media massa.

Pertama, menyampaikan informasi.

Media massa menyampaikan berbagai macam informasi, mulai dari berita terkini, isu-isu sosial dan politik, hingga informasi tentang gaya hidup, kesehatan, dan teknologi.

Kedua, hiburan.

Media massa juga memberikan hiburan, seperti acara televisi, film, dan musik.

Ketiga, edukasi.

Media massa juga digunakan untuk tujuan edukasi, misalnya melalui program pendidikan di televisi atau penerbitan buku-buku teks pelajaran.

Keempat, Membangun opini publik.

Media massa dapat mempengaruhi opini publik tentang berbagai isu, termasuk politik dan sosial. Dalam hal ini, media massa dapat memainkan peran penting dalam membentuk opini publik dan membantu masyarakat dalam mengambil keputusan.

Media massa bagi seorang muslim adalah sarana efektif untuk dakwah.

Kelima, pemasaran.

Media massa juga digunakan sebagai sarana pemasaran, baik untuk produk atau jasa.

Dalam Islam, informasi positif sangat penting untuk tumbuh kembang seorang muslim. Islam mengajarkan pentingnya mencari dan menyebarkan informasi yang baik, dan menghindari informasi yang negatif dan merugikan.

Hal ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang sehat dan harmonis, serta membantu dalam mencapai tujuan hidup yang baik dan bermanfaat. Nah, sudah siap melakukan perubahan konsumsi, zonasi dan informasi ?

 

Wallahu a'laam.

 

Diedit dari tulisan berjudul, "Ramadhan Transformatif", 31 Maret 2023, oleh Dr. Ahmad Sastra, M.M. (Dosen Filsafat Islam).


RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan sewa domain serta hosting. Jazakallah khoir.


 

 

 

Artikel Ahmad Sastra, Seri Ramadhan Transformatif