Skip to main content
Ilustrasi Anak Laki-laki Yang Tengah Belajar

Berkutat Dengan Ingatan Jangka Panjang? Coba "Pembelajaran Berlebihan"

'Pembelajaran Berlebihan' Dapat Memaksa Informasi Penting Ke Dalam Memori Jangka Panjang. Ini adalah praktik yang berakar pada sains untuk membantu menyimpan informasi dengan lebih mudah dari masa ke masa.

DAFTAR ISI

Apakah Anda ingin mempelajari materi yang sedang Anda pelajari—seperti, benar-benar mengetahuinya? Lalu, yang perlu Anda lakukan adalah mempelajarinya secara berlebihan.

Salah satu teori pembelajaran menyatakan bahwa jika Anda belajar berlebihan, Anda akan memperoleh otomatisitas—atau kemampuan untuk melakukan sesuatu tanpa memikirkannya—dan pada akhirnya mempertahankan lebih banyak pengetahuan.

Iklan Afiliasi

Inilah yang dimaksud dengan overlearning dan bagaimana melakukannya.

Apa itu pembelajaran berlebihan?

Anda tahu ada sesuatu yang serius ketika American Psychological Association (APA) mempunyai definisinya, dan itulah yang terjadi di sini: Menurut APA, belajar berlebihan adalah "latihan yang dilanjutkan melampaui titik di mana individu mengetahui atau melakukan tugas sebaik mungkin." mengharapkan."

Iklan Afiliasi

APA mengatakan manfaatnya bisa mencakup "peningkatan ketekunan pembelajaran dari waktu ke waktu atau retensi dan memori yang lebih baik."

Sederhananya, belajar berlebihan melibatkan mempelajari sesuatu bahkan setelah Anda yakin Anda mengetahuinya. Jangan berhenti mereview atau belajar hanya karena berhasil menghafal sesuatu. Sebaliknya, teruskan, gali lebih dalam lagi ke dalam otak Anda.

Hermann Ebbinghaus, peneliti yang memperkenalkan kurva melupakan Ebbinghaus, mempelajari ingatan pada tahun 1890-an dan menemukan bahwa seiring berjalannya waktu, ingatan menurun. Pada dasarnya itulah yang dimaksud dengan kurva melupakan,

Iklan Afiliasi

Menurutnya, pembelajaran berlebihan terjadi ketika Anda terus mengulangi apa yang telah Anda lakukan hingga melewati titik di mana Anda dapat mengingatnya dengan akurasi 100%.

Lihat, mengingatnya adalah sesuatu yang membutuhkan usaha.

Iklan Afiliasi

Pembelajaran berlebihan bertujuan untuk mencapai otomatisitas, menarik informasi dari memori jangka panjang Anda dengan mudah dan mengosongkan ruang di memori kerja Anda.

Bagaimana cara Anda belajar berlebihan?

Tinjau materi yang sudah Anda ketahui dari depan ke belakang saat Anda belajar lagi.

Misalnya, saat menggunakan metode Leitner yang melibatkan pengulangan kartu flash secara berkala, frekuensi peninjauan masing-masing kartu bergantung pada seberapa baik Anda melakukannya terakhir kali Anda menanyai diri sendiri.

Selalu tinjau semua kartu flash yang ditugaskan kepada Anda pada metode tertentu. hari, bahkan jika Anda merasa ingin melewatkannya karena terakhir kali Anda melakukannya dengan benar.

Iklan Afiliasi

Mengulangi materi yang Anda ketahui dengan baik berulang kali adalah kunci dari pembelajaran berlebihan dan akhirnya mengingat kembali secara otomatis.

Jadwalkan blok dalam minggu Anda untuk meninjau materi yang telah Anda kuasai.

Iklan Afiliasi

Ini bisa semudah membaca ulang sebuah bab atau catatan Anda, atau rumit seperti mengerjakan kuis latihan atau menggunakan kartu flash.

Memasukkan kembali ide-ide yang sudah Anda kenal secara terus-menerus akan menggalinya lebih dalam ke dalam memori jangka panjang Anda.

 

Demikianlah penjelasan tentang 'Pembelajaran Berlebihan', yang dapat membantu Anda memasukkan informasi berharga ke dalam ingatan jangka panjang. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 

Diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "'Overlearning' Can Force Important Information Into Your Longterm Memory", 1 September 2023, oleh Lindsey Ellefson.

 

 


RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website dan perpanjangan sewa domain serta hosting. Jazakallah khoir.