Skip to main content
Dauroh Ramadhan SSBS 1445 H

Dauroh Ramadhan SSBS 1445 H (2024 M): Akad-Akad Muamalah Maliyah

Yuk Bersihkan harta-harta Kita Dari Transaksi-transaksi Batil. Jangan sampai jadi muflis (orang yang bangkrut) di akhirat, pahala sholat dan puasapun ikut habis karena perkara muamalah di dunia. Naudzubillah min dzalik. Ulik Akad-Akad Muamalah Maliyah kekinian bersama di Dauroh Ramadhan SSBS 1445 H.

Iklan Afiliasi

Rasulullah saw bersabda;

Muflis dari umatku, adalah orang yang datang pada hari Kiamat membawa (pahala) shalat, puasa dan zakat, namun (ketika di dunia) dia telah mencaci, (salah) menuduh orang lain (menyebar hoax), makan harta (orang lain dengan cara batil), menumpahkan darah dan memukul orang lain (tanpa hak). Maka orang-orang (yang dizholimi) itu akan diberi pahala dari kebaikan-kebaikan (orang yang menzholimi)nya. Jika telah habis kebaikan-kebaikannya, maka dosa-dosa mereka akan ditimpakan kepadanya, kemudian dia akan dilemparkan ke dalam neraka.” (THR. Muslim)

Sahabatku, setiap hari kita semua tidak pernah lepas dari transaksi ekonomi dan bisnis, seperti jual beli, bekerja, sewa menyewa, utang piutang, kerjasama dll.

Jika transaksi-transaksi tersebut dilakukan tidak sesuai syariah, maka yg terjadi adalah memakan harta orang lain dengan jalan yang batil.

Allah tabaraka wa ta'ala berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan saling ridha di antara kamu…” [TQS. an Nisaa [4] : 29].

Dengan jalan yang batil pada ayat ini menurut Imam Ibnu Katsir adalah melalui usaha yang tidak diakui oleh syariah. (Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim Juz 2: 268)

Iklan Afiliasi

DAUROH ONLINE RAMADHAN SBSS

Akad-akad Muamalah Syar'iyah

Waktu:

  • Selasa, Kamis dan Sabtu
  • Pukul 09.00 - 10.15 WIB

Tempat:

Room Zoom SSBS Banjarbaru

Materi:

  1. Hukum Taklifi dan Wadh’i Akad
  2. Rukun dan Syarat Akad
  3. Multiakad (Hybrid Contract)
  4. Akad Utang dan Pinjaman
  5. Akad Jual Beli
  6. Akad Jual Beli Pesan
  7. Akad Perantara Penjualan
  8. Akad Pegawai
  9. Akad Penjaminan
  10. Akad Kerjasama Bagi Hasil

Iklan Afiliasi

Pemateri:

Ust. Fauzan Al-Banjari

  • Konsultan Nasional Bisnis Syariah
  • Mudir Ma'had DNA Banjarbaru

Fasilitas:

  1. e-Materi Dauroh
  2. Rekaman via YT SSBS

Biaya:

Siapkan Infak Terbaik 👍💯

Dilaksanakan Oleh:

SSBS Banjarbaru
Ma'had DNA Banjarbaru

Pendaftaran:

https://wa.link/1fuwjy

RuangMuamalah.id didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Komisi afiliasi ini kami gunakan untuk pengelolaan website. Terima kasih.

Ikuti kami juga di Google News Publisher untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.